Mengetahui Ciri-Ciri Burung Merpati Yang Berkualitas Bagus

Bagaimana cara memilih burung Merpati yang berkualitas bagus untuk adu balap dasar sprint maupun terbang tinggian? Sekilas memang sama jika kita melihat setiap burung merpati di arena balapan, namun pada dasarnya ada beberapa perbedaan yang mendasar tentang mana burung merpati yang berkualitas bagus dan bukan. Tentu bagi mereka yang terbiasa merawat burung merpati balapan pastinya sudah hafal akan mana merpati balapan yang bagus. Namun jika untuk pemula ataupun untuk orang awam ini tentunya harus belajar dahulu untuk mengetahuinya.
Burung Merpati Yang Berkualitas Bagus
Ciri-Ciri Burung Merpati Yang Berkualitas Bagus

Ciri-ciri Burung Merpati Yang Berkualitas Bagus untuk balapan adalah:
  •  Patuk kecil, keras dan runcing
  • Jika dilihat dia trengginas, lincah dan matanya cerah dan pupil kecil
  • Jika di pegang dia seperti pas ditangan orang dewasa tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil
  • Leher tidak terlalu panjang, badan tidak terlalu panjang, dan tidak gemuk serta tidak terlalu kecil dan tidak terlalu pendek.
  • Sayap kuat/akas mempunyai bulu penjawat yang lengkap dan bulu sayap menempel krep/menyatu pada badannya 
  • Ekor sebagai pengendali penyeimbang saat terbang bulunya harus lengkap serta harus akas.
  • Dadanya lebar tapi tidak terlalu dan ototnya keras berisi, kenyal jika di pegang
  • Jika berdiri dia terliat tegak dan gagah. 
  • Betis besar dan berotot

Kesimpulannya burung merpati balapan yang berkualitas adalah burung merpati yang mempunyai postur proporsional dan akas baik bulunya maupun ototnya.

Jamu burung merpati sprinter maupun terbang tinggian adalah vitamin, kalium serta minyak ikan. Sedangkan obat agar burung merpati mudah dan cepat cumbu adalah pil jodoh, namun kita bisa memberinya akar rumput teki sebesar buah mrica yang diberikan sehari 3 kali pagi siang sore sebanyak 1 sampai 3 buah.
Sedangkan pakan yang bagus adalah beras merah dan jangan lupa di kasih batuan kecil seperti pasir ataupun pecahan batu bata kecil yang berfungsi untuk membantu proses pencernaannya.
Ingat jangan sampai burung merpati kesayangan anda emmakan karet seperti karet gelang dan lain-lain.

Cara melatih burung merpati balap sprinter maupun terbang tinggi:
Latihlah burung merpati anda secara rutin tiap hari pada pagi maupun sore hari namun jangan terlalu diforsir karena untuk menjaga fitalitasnya. Jika si jantan sudah cumbu, Sibetina di pegang oleh anda kemudian latih dia (si jantan) dari jarak 1 meter dilepas oleh teman anda. setelah dari jarak 1 meter, tambah menjadi 3 meter,  kemudian 10 meter dan sterusnya. Setelah mencapai 100 meter sebaiknya dikawal oleh merpati lain yang sudah hafal lokasi, hal ini bertujuan agar supaya merpati baru yang sedang dilatih tidak merasa bingung yang resikonya merpati baru anda bisa hilang/nyasar entah kemana.

Jangan sampai dia terlalu gemuk maupun terlalu kurus. Bila perlu kasih dia barbel kaki yang relevan untuk melatih otot-ototnya saat dia terbang.
Jika pada siang hari, pisahkan antara merpati jantan dan betinanya caranya bisa masukkan keduanya pada kurungan yang berbeda ataupun satu kurungan betinanya didalam jantan diluar. Hal ini bertujuan agar supaya si jantan cenderung cumbu terus kepada pasangannya.

Demikian penjelasan cara memilih dan merawat burung merpati yang berkualitas bagus untuk balap dasar sprint dan terbang tinggian kolongan, saya harap merpati anda bisa menjadi juara 1.
blogging tips
Supported by Tukang Derep and Powered By Blogger